Link2Communion.com
Selamat Datang di blog sederhana ini,mudah mudahan bisa share dan bermanfaat banyak bagi anda

October 30, 2009

TURKI UTSMANI

Turki Utsmani disebut juga Negara turki (yang sekarang kitaa kenal) ,atau bangsa eropa sering menyebutnya ottoman (bulan sabit turki). Turki utsmani didirikan di anatolaa pada tahun 1300 dengan mengorbankn kekaisaran Bizantium, dan didirikan atas reruntuhan kerajaan Seljuk. Turki Ustmani hanyalah sebuah emiraat di daerah perbatasan. Ketika itu, Negara ini selalu di liputi suasana peperangan dengan keadaan yang sangat genting. Pada 1326, kota Brusa (Bursa)


menjadi ibukota Negara, raja pertamanya adalah Ustman I (1299), lalu Urkhan (1326), lalu Murad I (1359), dan Bayaazid (1389 – 1401). Keempat raja tersebut adalah yang memulai peradaban turki utsmani sebelum akhirnya dipimpin oleh Sulaiman (1403-1410) yang sangat diperagung oleh rakyaat Turki Utsmni. Dan seiring berjalannya tahun, Hingga emirat itu berkembang lebih stabil dan mendapatkan pijakan yang sangat kokoh di tahun 1366, dan memulai sejarah sebagai kerajaan besar dengan merubah ibu kotanya pada Adrianopel (Edirna).

AWAL KEJAYAAN TURKI UTSMANI

Pada masa raja Muhammad II (1451-1481,dan dijuluki sang penakluk), secara formal mengantar Negara ini pada satu era baru yaitu era kerajaan yang di dimulai dari penaklukan Konstantinopel pada 1453. Raksasa Turki ini berdiri mengangkang di Bosporus. Perluasan wilayah turki tidak hanya mewariskan kekaisaran bizantium,tetapi juga mewariskan kekhalifahan arab (seiring dengan hancurnya kekuataan Mamluk). Bahkan Negara Negara arab yang lain berhasil ditaklukan pada abad ke 16 dan menjadikan bulan sabit turki bersinar,Aljazair adalah Negara pertama yang karam oleh turki utsmani,hingga mesir pun tak luput dari penaklukan turki utsmani. Puncaknya ialah ketika panglima perang Khair al-Din berhasil menaklukan Tunisia setelah berperang dengan pasukan janisari, hingga turki utsmani menjadi sebuah Kerajaan Turki setelah menyerng wilayaah arab selatan dengan menundukan Yaman, Aden, dan Masqat (1547 – 1551).
Walaupun telah menjadi kerajaan, Turki masih belum puas dengan wilayah kekuasaannya,hingga kembali melebarkaan sayap dengan melakukan ekspansi ke Teluk Persia, hingga berhasil mengusir par ksatria St. Yohanes (Malta) dari Tripoli pada tahun 1551. Hingga Tripoli berubah menjadi Yunani (yang sekaraang kita kenal) yang mana penduduk keturunan berber menjadi ras yng paaling lemah. Semuanya berhasil ditaklukan Turki Utsmani kecuali Maroko. Di lain sisi sebagian besar wilayah afrik utara (Hongaria,wina,rhodesdanube,Baghdad,tigris, hingga air terjun pertama sungai nil) berhasil di taaklukan selama masa kekuasaan Sulaaiman I pada tahun 1520 – 1566.
Tripoli, Tunisia, dn Aljazair merupakan tempat terpenting dalam kerajaan turki utsmani. Bahkan provinsi ini menjadi pusat pemerintahan. Pada tempat ini banyak diberlakukannya upeti yang harus diberikan kepada Porte. Bahkan sering terjadi pemberontakaan yang dipicu oleh agen agen turki. Hingga ketiga daerah tersebut berhasil dikendalikan oleh pribumi. Disisi lain, Provinsi provinsi kecil yang dikuasai suku barber berkembang menjadi negra Negara kecil dengan aksi pembajakan yang ditunjukan oleh Kristen. Pembajakan tersebut awalnya berdalih sebagai jihad,hingga akhirnya menjadi sebuah profesi. Dan aktifitas ini menjadi menguntungkan bagi pemerintahan ataupun rakyat, terutama terhadap para tawanan perang yang dibuang oleh bangsa lain,yang dijadikan turki sebagai armada perang,dan diluar dugaan ternyata orang orang buangan islam spanyol jumlahnya sangaat membengkak yang kini menjadi armada turki dan menjadi malaapetaka di lautan mediterania bagi bangsa eropa, dan kurang dari tiga abad angkatan perang inggris dan perancis dipaksa menghormati bendera bulan sabit untuk mendapatkan jaminan keamanan. Hal yang sama dirasakaan oleh Belanda, Denmrk, dan Swedia. Bahkaan Amerika Serikat meski menjamin keselamatan armadanya dengan memberikan Upeti sebesar US$ 83.000 sejak 1796. Bahkan raja Sulaiman menyebutka daerah kekuasaannya dalam surat kerajaan untuk Francis I, Raja Prancis (rumelia, anaatolia, karamania, romawi, zulkadria, diarbekir, Kurdistan, azerbeijan, Persia, damaskus, Aleppo, kairo, mekkah, madinaah, yerusalem, dan seluruh penguasa arab;penguasa yaman). Hingga Bangsa Eropa menjuluki raja raja turki dengan “ yang Agung” dengan fakta fakta yang mereka alami dan bukan paksaan.
Keraajan Turki ini menjadi kerajaan muslim terbesar pada masa modern; tidaak hanya itu kerajan ini pun menjadi kerajaan muslim terlama sepanjang sejarah, tidak kurang dari 36 sultannya (semuanya laki laki dari garis keturunan utsman) berkuasa dari 1300 – 1922

KEHANCURAN TURKI UTSMANI

Kerajaan, yang secara umum diatur untuk menghadapi peperangan ketimbang memakmurkan rakyatnya, dan membangun kawasan yang tak terjangkau tangan pemerintah dengan perangkat komunikasi yang baik , serta populasi yang heterogen diantara kelompok dan ras yang berbeda-beda, dengan garis perpecaahan yang kentara antara golongan muslim dan Kristen (bahkan antara muslim turki dengan muslim arab dan antara sekte Kristen yang satu dengan sekte Kristen yang lain) menjadi lahan yang subur bgi tumbuhnya bibit bibit kehancuran kerajaan turki. Puncak kehancuraannya adalah ketika wafatnya sulayman, kerajaan mulai menampaki jalaan yang menurun, ditandaai dengan kegagalan serangan kedua ke daerh wina pada 1683, hingga ekspansi turki ke eropa tidak mengalami kemajuan yang berarti. Setelah itu, turki lebih memilih untuk mempertahankan apa yang telah mereka dapatkan ketimbang mencoba mendapatkan lebih baanyak. Armad bersenjata tidaak berguna lagi untuk menyerang tapi bertugas sebagai perthanaan. Dan situasi ini dimaanfaatkan oleh perancis padaa thun 1830 untuk balas dendam kepada turkey. Dan 18 tahun kemudian Aljazair Negara aarab pertama yang lepas dari turki dan dijajah perancis,walaupun pada 1962 aljazair merdeka setelah melewati perang dengan perancis selama delapan puluh tahun. Dan perancis mendaptkn tunisia dari turki. Hingga akhirnya tiga Negara eropa besar (perancis, italia, dan spanyol banyak merebut daerah kekuasaan turki).
Disisi lain, daerah dataraan Arab, afrikaa utara merupkan wilayah yang pertaama lepas dari turkey, wilayah itu membentuk satu blok tersendiri, jarak yang dekat dengan eropa selatan, juh dari pusat dan jantung islam di Asia barat , lemahnya trdisi islam, serta proporsi keturunan berber dan eropa lebih banyak yang membuat penduduk di wilayah itu bertindak mandiri untuk memajukan mereka sendiri.

REFERENSI

Semua tulisan ini di ambil dari buku HISTORY OF THE ARABS karya PHILIP K HITTI, dengan penerbit PT Serambi Ilmu Semesta, Jakarta, tahun terbit 2005 Cetakan pertama.

NB : sebenernya artikel ini saya bikin buat tugas kuliah di kampus,taapi karena saya sangat menggebu-gebu ketika di diskusikannya di kelas, maka sengaja saya posting saja di blog ini, buat share aaja

0 comments:

Post a Comment

Bebas komentar, asalkan tidak mengandung SARA, penghinaan, ataupun hall2 yg tidak sopan, juga tidak untuk beriklan ataupun promosi.

 

About Me

My photo
SELALU SUKA MENCOBA DENGAN HAL HAL YANG BARU, MENANTANG, DAN MEMACU ADRENALIN, TAPI MASIH DALAM KORIDOR ETIKA. OKE

Followers

MY FUN BOOKS